Minggu, 01 April 2012

Karamel Cake aka Kue Sarang Semut

Ini kue yang pertama kali aku coba buat, bukannya karena aku kerajinan bikin #lah dulu aku anti banget rasanya masuk dapur gitu :p# tapi karena di SMPku dulu ada pelajaran tata boga dan tata busana #lumayan deh bikin baju boneka buat Aila sih jadi deh :p#. Nah praktek pelajaran tata boganya itu ya karamel cake ini :) . Seru kalo inget waktu itu, kita dibagi perkelompok2, lucu ajah karena banyak yang kue-nya gosong or jadi pait gara2 saat buat karamelnya ke"matengan" #SMP kelas 2 gitu lohhh#

Kue ini favorit suamiku, kali ini aku buat tanpa mixer #coba2.com# dan rada deg2an jadinya #karena sebelum2nya kalo buat selalu pakai mixer#, ternyata hasilnya cakep #aihhhh narsisnya kumat#. Oh iya kue ini kalo over mixed jadinya kurang bersarang, jadi kalo mau buat boleh semangat asal jangan kebablasan sampe kelamaan ngocoknya ya :p

Karamel Cake
by: Fatmah Bahalwan

Bahan:
425 gr     gula pasir
450 ml     air panas
180 gr     tepung terigu
50 gr       tepung maizena
8 btr        telur ayam
150 gr     margarin
2 sdt        soda kue
200 ml     susu kental manis
 
Cara Membuatnya:
Taruh gula pasir diatas wajan, masak diatas api hingga berwarna coklat gosong, tuangi air panas, biarkan mendidih dan gula larut. Angkat, dinginkan. Kocok margarin dan susu kental sampai putih, masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok. Matikan mixer. #aku pakai balon whisk# Masukkan terigu yang telah diayak bersama soda kue dan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
Tuang karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga rata.
Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung.
Panggang dalam oven, suhu 180'C selama kl. 40 menit atau sampai matang.
Note : Jangan bingung ya kalau adonannya encer dan terlihat terpisah antara mentega dan cairan karenaaaa ya memang begitu :)

2 komentar:

  1. Hari semakin merayap dalam gelap... rasanya pinggang dan pundakku sudah menjerit-jerit minta dibaringkan. duuuh, padahal masih ada satu baskom burik besar adonan kue sarang semut yang harus dipanggang. apa daya mataku pun semakin lengket bak susu kental manis yg tadi kutuang ke adonan.
    sudahlah... kuambil kertas koran untuk menutupi baskom, kuolesi bagian luar bawah baskom dengan minyak goreng baru agar tidak dirayapi semut & serangga kecil lainnya.. aku pun membaringkan diri.. maunya sebentar, tapi, aku pun tertidur pulas beberapa jam.
    pagi-pagi... dengan ragu-ragu akan hasilnya, kumulai acara memanggang kue sarang semut ... harum menyeruak saat kue kukeluarkan dari loyang... sedikit curiga, kumulai memotong kue yang akan kuhidangkan di acara kumpulan keluarga ini... lhadalah.. la kok semua kue (6 loyang) bisa berongga cantik???
    sejak itu, setiap membuat kue sarang semut, selalu kubiarkan adonannya dalam suhu ruang dulu selama beberapa waktu sebelum kupanggang... dan kue sarang semutku yg dulu seringkali cuma berongga kecil atau malah padat seperti cake, sekarang selalu "sempurna"...

    BalasHapus