Minggu, 29 April 2012

Gulai Kepala Kakap

ho ho ho .... inget waktu hamil dulu betapa aku menggandrungi gulai kepala kakap :-) walau harganya selangit  tetep aja aku beli karena waktu itu masih males banget yg namanya ke dapur :p. Kalau sekarang sih sorry deh beli semahal itu, mendingan aku buat sendiri, lebih puas makannya , rasanya juga mirip :-) Coba juga yuks

Gulai Kepala Kakap
source: Uni Dewi Anwar 

Bahan :
3 ekor kepala ikan kakap ukuran sedang, belah dua
membujur
3 sdm air jeruk nipis
2 lbr daun salam
2 batang sereh, memarkan
1 lt santan dari 1 butir kelapa
2 sdm minyak goreng utk menumis
4 buah belimbing sayur #aku pakai tomat hijau#
2 buah asam kandis
2 buah cabai merah besar, potong 2 membujur keluarkan bijinya #aku gak pakai#

Bumbu Halus :
3 buah cabai merah
2 cm kunyit
2 cm jahe
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica bubuk
garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat
:
- Bersihkan kepala kakap, buang insang dan darah kental yang tersisa ditenggorokannya, bubuhi dengan air jeruk nipis. Sisihkan
- Tumis bumbu halus dan daun2 sampai harum
- Tuangi santan, aduk2 sampai santan mendidih.
- Masukan kepala ikan, belimbing sayur dan asam kandis.
- Masak hingga ikan matang.

Tips : setelah ikan masuk kedlm santan, jangan diaduk2, agar ikan tidak hancur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar