Senin, 23 April 2012

Kue Mangkok Mekar

Kue mangkok ini buatnya penuh perjuangan banget deh #lap2 keringet# beberapa kali aku buat kue mangkok selalu gagal, boro2 deh dia mekar, bantet basah gak jelas banget deh wujudnya. Nah kemarin pagi aku bertekad mau buat lagi, dengan semangat 45 aku dan keluarga sepedaan sekalian mencari tape ditukang sayur depan komplek, anehnya dari 5 tukang sayur yang mangkal gak satupun bawa tape :-( truz aku keliling komplek cari tukang tape yang  biasanya keliling pake gerobak dannnn tidak ada juga , karena lagi semangat nih, aku ke pastrad deh nyari tapenya, keliling pasar bolak balik dan tidak ada satupun tukang tape hiks

Akhirnya pulang kerumah dengan tangan kosong, iseng2 sms temanku , aku curhat kalo habis keliling nyari tape sampai cape tapi gak ketemu2, memang rejekiku kali ya, ternyata dirumahnya ada tape xixixi jadilah aku yang baru pulang, gowes sepeda lagi untuk ambil tape dirumah temanku

Langsung timbang2 bahan, ngadon deh dengan semangat sambil positif thinking kuenya sukses :-) tapiii ternyataaaa itu kue sukses bantet hiks dan masuk tong sampah dengan manisnya #gak bisa kemakan, aneh banget wujud dan rasanya#. Nyerah???? Oooo tentu tidak, jangan panggil aku Caya kalo begitu aja nyerah :-), aku liat sisa tape #yang sebagian udah dimakan Aila# masih cukup kayaknya dannnn aku ngadon lagi dengan metode yang aku ubah dari panduan resepnya , tarrrraaaaaa akhirnya sukses juga aku buat kue mangkok :)

Kue Mangkok  
Source : dimodifikasi dari inforesep.com

Bahan :
- 175 gr tepung beras
- 1/2 sdt garam halus
- 175 ml air dingin
- 100 gr tape singkong (buang serat,haluskan)
- 150 gr gula palem 
- 75 gr terigu
- 50 gr gula pasir  
- 150 ml air mendidih
- 125 ml air soda
- 1 sdt baking powder

Cara membuat :

- Campur tepung beras, garam, sisihkan.
- Campur tape, gula palem, gula pasir, dan air dingin, aduk sampai halus/rata,  sisihkan
- Tuangkan air mendidih pada terigu sambil diaduk sampai licin, sisihkan.
- Campurkan campuran tape dengan campuran terigu, aduk dan uleni sampai licin, saring
- Masukkan tepung beras sedikit2 dambil diaduk pakai whisk.
- Masukkan baking powder dan air soda/soft drink, aduk rata.
- Panaskan cetakan kue mangkok dalam kukusan yang airnya sedang mendidih. Tuangkan adonan ke cetakan sampai penuh. Kukus kurang lebih 15 menit hingga merekah #jangan buka tutup dandang selama proses pengukusan#.
- Sajikan dengan taburan kelapa parut.

2 komentar:

  1. Baru kali ini gw suka kue mangkok dan sukses bikin Danis diam nangisnya. Thx ya, BunCay.

    BalasHapus
  2. sama2, seneng kalo lo dan danis suka sama kuenya :)

    BalasHapus