Selasa, 03 April 2012

Somay Tenggiri

Hari ini entah lagi kenapa aku pingin banget bikin somay, kebetulan ada tenggiri di freezer. Yang awalnya aku beli karena mau bikin pempek jadi berubah haluan jadi somay deh. Ini percobaan pertama kali bikin somay nih, walau bentuknya belon cantik tapi rasanya  okelah #tenggiri gitu loch# hanya karena aku agak susah nyari kulit somay, jadilah tadi bikin pakai kulit pangsit. Biar gak keras #karena kulit pangsit lebih tebal# saat mengukus aku cipratin air sedikit selama 2-3 kali. Oh iya, pas tadi dijadiin PP ada yang mau pesen loh hehehe #nanti ya jeung kalau saya sudah menemukan kulit somay dan bisa membuatnya lebih rapi#

Seperti biasa, resepnya hasil googling2 dan aku nyoba 1/2 resep dengan komposisi ikan lebih banyak #tadi aku pakai 300gr#. Btw, baik banget ya yang ikutan kursus  #thanks alot ya# mau sharing resepnya sehingga  aku bisa ikutan nyoba bikin #walau bentuknya seadanya#, rasanya enak #anak dan suamiku juga suka#

Somay Bandung 
Sumber: Kursus NCC
 

Bahan:
500 gr  daging ikan tengiri, haluskan

2 sdm   bawang merah halus


1 sdm   bawang putih halus


2 sdt     lada halus


1 sdt     chicken powder
(aku gak pake)

3 sdm   gula pasir


3 sdt     garam


1 sdm   minyak wijen


3 btr     telur


400 gr  labu siam, parut kasar, tiriskan


450 gr  sagu tani


Cara membuatnya:


1. Aduk daging ikan halus dengan bumbu-bumbu halus, tuang telur, aduk rata.

2. Tambahkan labu siam, aduk rata, lalu tuangkan tepung sagu, aduk rata lagi, sisihkan.
3. Ambil satu lembar kulit siomay, isi dengan adonan ikan, lipat ketas, rapikan bentuk wiron. Taruh  diatas loyang yg sudah dipoles minyak, kukus 20 menit.
4. Rebus kentang ½ matang, kupas kulitnya, belah dua. Kerat-kerat bagian yg rata, beri adonan ikan. Kukus
5. Potong pare, buang bijinya, isi dengan adonan ikan. Kukus 30 menit.
6. Potong kotak tahu, goreng sebentar, kerat-kerat dengan gapru salah satu sisinya, tempelkan adonan ikan. Kukus 30 menit.
7. Telur rebus belas dua, tempeli dengan adonan ikan. Kukus.   

Sambal Kacang


Bahan: 

500 gr  kacang tanah, goreng, giling halus

200 gr  cabe merah


3 bh     bawang putih


2 sdm   cuka


2 sdm   garam


8 sdm   gula pasir


minyak sayur secukupnya


500 gr  ubi merah, matang


1,5 ltr   air matang


Cara membuatnya:


1. Blender ubi merah dan air hingga halus, sisihkan.

2. Haluskan cabe merah dan bawang putih.
3. Panaskan minyak sayur, tumis cabe dan bawang putih halus, biarkan hingga wangi, masukkan kacang tanah halus dan ubi halus, aduk rata. Biarkan hingga mendidih.
4. Matikan api, tambahkan garam, cuka dan gula. Lakukan tes cicip, bila sudah pas. Siap disajikan. 

 Pelengkap penyajian:

• Jeruk limau

• Kecap manis
• Saos tomat

2 komentar:

  1. Makannya jadi gak nikmat gara2 2 krucil ngerubungin. Tuh anak dua pada akur kalo lagi makan ya. Si Danis pake disuapin sama Aila. Kalo soal rasa mah enak. Kalah tuh tukang siomay di Citayam city. Cuma kurang lembek. Soalnya gw suka yang lembek hehehe... Udah gratis bawel lagi ya qiqiqi..

    BalasHapus
  2. itu kurang lembek karena gw gak pake kulit somay mbar tapi pake kulit pangsit, nah kulit pangsit itu lebih tebel, biar udah dipercikin air hasilnya tetep lebih empuk kalo pake kulit somay beneran :)

    BalasHapus