Sabtu, 19 Mei 2012

Garang Asem

Pertama kali tau masakan ini karena lihat liputan di televisi, maklum deh ini bukan makanan yang biasa disajikan di kampung halaman orang tuaku #Belitung# jadi ibuku gak pernah masak jenis masakan ini. Adapun pertama kali aku nyoba makanan ini saat ada yang jual didepan komplek rumahku dan baru sadar ternyata enak hahaha. Entah kenapa udah cukup lama gak dijual lagi makanan ini, karena kangen mau makannya ya aku bikin deh. Saat googling aku sempet bingung karena ada banyak versi, ada yang pakai santan dan tanpa santan, aku suruh si boss #suamiku# aja deh yang putusin dan dia memilih yang tanpa santan. Alhamdulillah laris manis, buatnya pun ga sesulit yang aku bayangkan sebelumnya :-)

Garang Asem
source : detikFood

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong kecil-kecil
200 g tomat hijau, iris kasar
8 biji belimbing wuluh, iris kasar
75 g cabai rawit merah
1 sdm kaldu ayam bubuk #aku gak pake#
1 batang serai, iris halus
5 lembar daun salam
daun pisang untuk membungkus

Haluskan:
8 siung bawang putih
8 siung bawang merah
2 cm jahe, iris tipis
1 sdt garam

Cara Membuat :
Cuci bersih ayam kampung, tiriskan.
Aduk ayam dengan bahan yang diiris, bumbu halus, daun salam dan serai hingga rata.
Bungkus tiap 3-4 potong ayam berikut bumbunya dengan daun pisang.
Bungkus bentuk tum. Semat dengan lidi.
Kukus dalam kukusan panas selama 45 menit hingga ayam lunak.
Angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar