Sabtu, 19 Mei 2012

Kue Lumpur

Ibuku punya cetakan kue lumpur dan belum pernah dia praktekkan sampai dia terkena stroke T_T akhirnya cetakan itu aku bawa ke rumahku, seingatku dirumahku pun baru 1-2 kali aku pakai untuk buat dorayaki. Kemarin saat ingat sama cetakan ini aku iseng tanya suamiku apakah dia suka kue lumpur #cape juga kan ngabisinnya kalo gak ada temen makannya :-p# dan ternyata dia suka, praktek deh jadinya  :-) aku buat setengah resep dan hasilnya bisa aku bagi2  ke 2 rumah temanku hehehe sisanya dimakan kita ber-empat deh. Oh iya ternyata membuatnya gak susah loh, awalnya aku bayangin repot nih ngangkatnya karena lengket dicetakan, ternyataaaa mudah sekali lepasinnya. Jadinyaaaa seneng buatnya, puas makannya hehehe

Kue Lumpur
source : Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr              gula pasir
500 gr              tepung terigu
1 kg                 kentang, kukus dan haluskan
200 gr              margarine, lelehkan
5 btr                 kuning telur
4 btr                 putih telur
1 ltr                  santan
1 sdt                 vanilli
1 sdt                 garam
200 gr              kismis, untuk taburan

Cara membuat:

- Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang (tidak perlu naik), masukkan garam dan vanilli sambil terus dikocok.
- Tuangi santan, aduk rata, masukkan kentang halus dan tepung terigu secara bertahap sambil tetap diaduk rata.
- Terakhir, taung mentega leleh, aduk rata.
- Panaskan cetakan kue lumpur, poles mentega, tuangi adonan hingga ¾ penuh, tutup, biarkan setengah matang taburi kismis, tutup lagi, biarkan sampai matang. Angkat.

Note:
Variasi taburan lain bisa menggunakan parutan keju, irisan nangka, coklat mesis, dll
Kalau gak punya cetakannya, taro di pyrex ajah, bisa dikukus or dipanggang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar