Selasa, 27 Maret 2012

Bakpau

Seperti biasa, aku tuh selalu berusaha membuat sendiri sesuatu yang aku suka #susahnya semuanya gw suka xixixi#. Dikomplek rumahku tukang bakpau itu lewatnya tiap sore dan pernah ada masa dimana entah kenapa gak lewat2 dalam waktu yang cukup lama, jadilah aku nyoba bikin sendiri dan ternyata tidak sesulit yang kubayangkan selama ini.

BAKPAU
Bahan A:
100 gr tepung terigu
100 gr gula pasir
150 cc air hangat
1 sachet ragi instan
Bahan B:
300 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
2 sdm mentega putih

Pelengkap:
15 potong kertas ukuran 10x10 cm
Caranya:
Bahan A: campur gula pasir dan ragi instan dengan air hangat, aduk hingga gula larut. Tambahkan tepung terigu, aduk rata, diamkan sekitar 15 menit.
Tambahkan semua bahan B, aduk dan uleni hingga kalis dan tidak lengket di tangan. Letakkan adonan di mangkuk besar, tutup dengan serbet. Diamkan sekitar 30 menit sampai adonan mengembang.
Kempeskan adonan, dan biarkan 15 menit lagi hingga mengembang. Kempeskan lagi dan bagi adonan menjadi 15 bagian.
Ambil satu bagian, pipihkan, isi dengan isian*, dan rekatkan bagian pinggirnya jadi satu hingga membentuk bola. Letakkan di atas kertas. Lakukan hingga semua adonan habis.
Kukus dengan api sedang selama 8 menit
 
*isiannya sesuai selera ya, kalo coklat bisa pake DCC yang dipotong2 atau pakai meises, bisa pakai kacang hijau #yg udh mateng yah hehehe# or my fav one yaitu pakai ayam (tumis ayam yang udh dipot dadu/suwir pakai bwang putih+lada+kecap asin+minyak wijen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar