Kamis, 29 Maret 2012

Pempek

Aku suka banget sama yang namanya pempek, dari pempek ngetop sampe pempek abang2 lewat ajah aku coba semua. Sering loh aku sampai order ke Palembangnya langsung. Jaman kuliah dulu, aku sering banget bela2in ke Cikini dulu hanya untuk makan pempek Meg*ria hehehe . Awal2 kerja disunter malah punya temen hunting pempek bareng jadi beberapa kali seminggu sekalian pulang kita nyobain pempek diberbagai tempat #kebetulan temanku itu asli Palembang#

Awal2 kenal suamiku, aku girang bener ,ternyata gak jauh dari rumahnya ada yang jual pempek enak #dan ternyata ngetop untuk wilayah Depok# dan beneran enak. Ibuku juga sering buatin makanan ini, kakak sepupuku apalagi ... jagonya .... tapi sayangnya mereka gak punya takaran baku untuk membuatnya. Pusing kan kalo pakai kata2 "secukupnya" or "dikira2 aja udah pas belon adonannya" #tepok jidat#

Akhirnya cari tau ndiri deh .... berbagai resep pempek udah aku coba, hasilnya ada yang kalo dingin jadi alot, ada yang ikannya gak berasa, ada yang berasa sagu doang #sempet sebel deh,tapi untungnya tukang makan jadi ya abis aja hehe#.Nah terakhir, aku nemu resep ini dan menurutku sih yang terenak diantara semua resep yang pernah aku coba buat.

Pempek Pempek Palembang
by: NCC's member-maaf gak nyatet namanya :(
 
Bahan 1
1 kg bersih daging Ikan Tenggiri, haluskan dengan Blender
200 ml air
2 butir telur

Bahan 2

50 gram Tepung terigu
2 sendok makan garam
2 sendok teh gula pasir
4 siung bawang putih
200 ml air

Bahan 3

800 gram tepung Sagu tani + sedikit tepung Tan Mien

Cara membuat


1. Bahan 1 dicampur dan diaduk-aduk dengan jari tangan sampai tercampur homogen. masukan kulkas, biarkan menjadi mengental.

2. Bahan 2, dicampur dan didihkan dengan api kecil sambil diaduk terus sampai mengental, dinginkan dan masukan kulkas.
3. 30 menit kemudian, Campurkan adonan bahan 1 dan bahan 2, aduk dengan jari tangan sampai tercampur rata.
4. Masukan tepung sagu kedalam campuran adonan Ikan sedikit demi sedikit, sambil diuleni dengan ujung jari tangan.
5. Adonan masih agak terasa lengket, supaya gampang dibentuk, lumuri tangan dengan sagu, ambil sesendok makan adonan dan bentuk bulat panjang. atau bisa juga dijadikan pempek kapal selam.
6. Masukan pempek yang sudah dibentuk dalam air mendidih, sampai matang (pempek akan mengapung). Kemudian tiriskan pempek, dan goreng dalam minyak yg panas.

Untuk Cuko-nya, aku biasa pakai takaran ini :

500 gram gula merah/gula aren warna coklat tua
50 gram asam jawa
4 sendok teh cuka putih/cuka dixi (untuk mengawetkan)
5 gelas air
7 siung bawang putih, cincang halus atau tumbuk
2 sendok makan ebi dihaluskan
10 buah cabai rawit, dihaluskan (bisa ditambah/kurang)
garam secukupnya

Caranya : 
gula merah+asam jawa+air direbus sampai gula larut
saring, masukkan bahan lainnya, rebus sampai mendidih, angkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar