Senin, 26 Maret 2012

Devil's Food Cake

Nama kuenya serem yaaaa ...... tapi rasanya enak loh , gimana gak enak full chocolate gituuuuuu #especially untuk chocolate lovers seperti saia :p#, nyoklat dan moist banget rasanya

Devil’s Food Cake
by Martha Stewart
(aku buat 1/2 resep jadi 2 layer loyang 20)

Ingredients:
1 ½ cups (3 sticks) unsalted butter ; 339 gram (suhu ruang)
¾ cup coklat bubuk ; 60 gram
½ cup air mendidih ; 120 ml
2 ¼ cups gula kastor (gula pasir halus) ; 450 gram (aku 300 gram aja, biar gak terlalu manis)
1 sdm pure vanilla extract
4 butir telur ukuran besar, kocok lepas (pakai telur segar yang masih bagus kekentalannya)
3 cups cake flour (terigu protein rendah) ; 360 gram
1 sdt soda kue
½ sdt garam
1 cup susu cair ; 240 ml

Simple syrup (resep asli tidak pakai):
100 gram gula pasir
100 ml air
½ sdt essence vanilla

Directions:
1. Panaskan oven 180’C. Siapkan 3 buah loyang ukuran diameter 22-24 cm dan tinggi 4 cm. Olesi dengan mentega, alasi bagian bawahnya dengan kertas roti. Taburi coklat bubuk secukupnya ke seluruh permukaan dalam loyang agar mudah dikeluarkan.
2. Ayak coklat bubuk ke dalam mangkuk, masukkan air mendidih. Aduk rata hingga berbentuk pasta. Sisihkan. Biarkan dingin.
3. Dalam wadah lain, campur dan ayak terigu, soda kue dan garam. Sisihkan.
4. Dalam baskom besar, kocok butter dengan MIXER KECEPATAN RENDAH sampai lembut. Masukkan gula pasir bertahap sambil terus dikocok hingga putih dan lembut 3-4 menit. Tambahkan vanilla extract/essence. Kocok rata. Masukkan kocokan telur sedikit demi sedikit, kocok rata pada setiap penambahan. Kocok hingga adonan rata dan tidak memisah. Matikan mixer. Aduk rata dengan spatula hingga ke bagian pinggiran baskom.
5. Campurkan susu cair ke dalam adonan coklat bubuk yang telah dingin, aduk rata hingga adonan coklat larut dengan baik.
6. DENGAN MIXER KECEPATAN RENDAH, MASUKKAN CAMPURAN TERIGU SEDIKIT DEMI SEDIKIT DAN BERSELANG SELING DENGAN LARUTAN COKLAT DAN SUSU. AWALI DAN AKHIRI DENGAN CAMPURAN TEPUNG. Terakhir aduk rata dengan spatula.
7. Tuang dan bagi rata adonan ke dalam 3 buah loyang yang telah disiapkan. Panggang dalam oven hingga matang, kurang lebih 35-45 menit (TERGANTUNG OVEN MASING-MASING), test tusuk hingga tidak cake tidak menempel di lidi/tusuk gigi. Keluarkan cake dari oven, biarkan dalam loyang selama 15 menit. Keluarkan cake dari loyang, dinginkan di atas rak kawat.

Ganache
500 gram dark cooking chocolate, potong kecil-kecil
1 kotak whip cream bubuk
75 gram unsalted butter

Tim coklat sampai meleleh, masukkan butter, sisihkan . Buat  whip cream seperti cara yang tertera dalam kemasan, masukkan coklat, kocok sampai lembut dan siap digunakan.

Simple syrup:
Didihkan air dan gula pasir, aduk-aduk hingga gula larut. Dinginkan. Tambahkan essence vanilla. Siap dipakai.

Penyelesaian:
1. Ambil satu lembar cake, basahi dengan simple syrup, oles dengan ganache. Tutup lagi dengan selembar cake. Ulangi proses tersebut. Terakhir tutup dengan selembar cake, basahi dengan simple syrup. Oles seluruh permukaan dengan ganache. Hias sesuai selera, karena masih kaku megang spuit jadinya seperti ini hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar